Belajar Berenang Untuk Muslimah

Rocella Swimwear Marina - Electric BlueBelajar berenang untuk muslimah itu sunnah. Salah satu skill yang sebaiknya di laksanakan. Karena berenang merupakan keahlian yang diperlukan setiap orang. Saat inisudah banyak sekolah yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti pelajaran berenang, hal tersebut karena memang sangat perlunya keahlian berenang di punyai setiap orang. Sebagian besar dari dunia ini, berisi air. Jadi wajar apabila keahlian berenang merupakan skill dasar yang sebaiknya dipunyai sejak kecil.

 

Tips Dasar Belajar Berenang Untuk Muslimah

Sebelum mulai belajar berenang ada beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu :

1. Jangan takut air.
Phobia terhadap air sebaiknya di hilangkan, dan berkonsultasilah kepada psikiater terlebih dahulu, sebelum belajar berenang.

2. Belajarlah dari instruktur atau pembimbing.
Pembimbing ini, bisa saudara, orang tua atau teman. Atau bisa pula yang profesional, seperti guru kursus berenang. Saat ini, rata-rata kolam renang yang besar, mempunyai kelas berenang dengan instrukturnya. Hal tersebut membuka kesempatan untuk orang yang akan belajar berenang untuk belajar. Mungkin kalau dengan instruktur profesional di perlukan biaya, namun keahlian yang akan anda dapatkan adalah keahlian seumur hidup. Satu kali belajar mungkin memakan waktu 1-1.5 jam dan 2x seminggu, untuk belajar pada tahap awal. Namun seiring waktu bisa di tingkatkan frekuensinya. Pentingnya pembimbing, karena pembimbing akan mengawasi Anda yang sedang belajar berenang secara khusus, hal tersebut menyangkut keselamatan. Disamping itu pembimbing juga akan memberikan teknik belajar berenang secara praktis, dan mudah di gunakan. Karena umumnya pembimbing sudah mempunyai keahlian berbagai macam gaya. Gaya berenang mana yang mudah untuk pemula dan tidak menguras tenaga tentu akan menjadi hal yang pertama diberikan oleh pembimbing.

Tidak perlu sertifikasi khusus untuk pembimbing, karena berenang adalah olahraga yang suah banyak orang menguasainya. Sertifikasi training mungkin hanya di perlukan oleh profesional. Instriktur juga bisa mengajarkan teknis survival dasar di air.

3. Pilihlah kolam renang yang nyaman.
Untuk pemula, kolam renang juga merupakan sesuatu yang harus di perhatikan. Kadang kala, orang akan merasa tidak nyaman dengan kolam renang umum, yang mungkin akan ramai di kunjungi banyak orang. Oleh karena itu untuk solusinya, sebaiknya di cari kolam renang yang tidak terlalu ramai. Kalau Anda nyaman, dan kosentrasi dalam belajar, maka akan cepat dalam penguasaan teknik berenang.
Carilah pula, kolam renang yang mempunyai dua macam ketinggian. Ketinggian yang agak dalam, yaitu diatas 1.5 m dan kolam renang yang dangkal, sekitar 1.2 meter. Kolam renang yang dangkal ini akan sangat membantu dalam tahap pengenalan teknik dasar berenang. Dan tentu saja kolam renang dangkal, akan menghindarkan siswa dari mengalami kecelakaan. Dengan ketinggian 1.2 meter, orang dewasa akan bisa berdiri di dalam kolam renang. Siswapun tidak akan panik.

4. Pilihlah pakaian bereang yang nyaman.
Pakaian berenang memang di pasaran ada banyak, namun Anda harus cermat dalam memilih pakaian berenang. Perhatikanlah bentuknya, tidak perlu pakaian berenang yang terlalu menonjulkan bentuk badan. Di Indonesia memang sangat jarang orang menggunakan pakaian berenang yang terlalu menonjulkan bentuk tubuh, karena memang budaya kita masih cukup kuat. Baju berenang mtertutup seperti baju berenang muslimah, sangat dianjurkan. Kenapa ? karena baju renang tersebut tertutup secara rapat, dari ujung rambut sampai pangkal kaki. Ingat, kita berenang di kolam renang, dimana air yang digunakan biasanya bercampur dengan kaporit, dan negara kita di daerah tropis, jadi dengan berenang selama setengah jam saja, akan membuat kulit kita menghitam. Yang kedua yang harus di perhatikan dengan pakaian berenang, yaitu bahannya. Seperti ulasan sebelumnya, kaporit akan membuat pakaian pakaian cepat rusak. Dianjurkan untuk menggunakan bahan pakaian yang biasa digunakan oleh penyelam, seperti kain Scuba. Bahan pakaian itu cukup tebal, dan melindungi tubuh.

Dapatkan Baju Renang Muslimah Di PasarKlewer.Com

Memilih pakaian berenag, biasanya kalau wanita juga akan memperhatikan desainnya. Maka, desain yang beragam tidak akan masalah, asal fungsionalitas dari baju berenang tetap terpenuhi.

5. Pilihlah gaya berenang yang mudah dan tidak terlalu menguras tenaga.
Untuk tahap awal, hindarkan gaya berenang yang agak sulit, dan menguras tenaga. Sangat dianjurkan menggunakan gaya katak, dan sangat di hindarkan menggunakan gaya kupu-kupu. Gaya berenang dengan menggunakan gaya katak, relatif mudah dalam teknik pernapasan dan gerakan. Setelah gaya katak, mungkin bisa di lanjutkan dengan gaya bebas atau gaya lainnya.

6. Berdisiplinlah dalam berlatih.
Menurut pengalaman, dalam 2x latihan seminggu, dan setap latihan 1.5 jam saja. Dalam 2 minggu paling tidak, sudah bisa melakukan berenang secara mandiri satu kali lap.

Inti dari tulisan mengenai belajar berenang untuk muslimah ini, yaitu, Anda harus percaya diri dan percaya pasti bisa berenang, maka usaha Anda, tidak akan menghianati hasil.

Main Menu

Enable Notifications.    Ok No thanks