Gaya Berenang Yang Cocok Untuk Muslimah

Gaya berenang merupakan gerakan yang akan dilakukan sebagai teknis berenang. Gaya bereang ada banyak, dan bisa di sesuaikan dengan kondisi dari perenang, Misalnya gaya berenang dengan gaya bebas (front crawl), tujuannya adalah supaya bisa melakukan berenang secara cepat. Beda pula dengan gaya berenang secara militer. Berenang secara militer, tujuannya adalah bisa membawa beban atau barang. Tapi apakah ada gaya berenang yang cocok untuk muslimah ? Umumnya, semua gaya berenang sangat cocok untuk muslimah. Meskipun mungkin agak berbeda dalam penggunaan baju berenang. Namun hal tersebut tidak menghalangi muslimah untuk berolahraga berenang.

Gaya Berenang Yang Banyak Digunakan

Ada beberapa gaya berenang yang sering digunakan. Namun dalam tulisan ini, akan di bahas sesuai dengan tingkat kesulitannya.

  1. Gaya Dada / Gaya Katak 

Gaya dada / gaya katak yaitu cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Badan selalu menghadap kedepan. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Mengambila nafas  dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, sedangkan untuk mengeluarkan nafas, bisa dilakukan pada waktu muka menghadap ke bawah. Setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas.

Breaststroke.gif Breaststroke2.gif Breaststroke3.gif

2. Gaya Bebas (Free style)

Gaya bebas yaitu  berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian naik turun, seperti mengayuh sepeda.  Posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Tidak seperti halnya gaya punggunggaya dada, dan gaya kupu-kupuFederasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja, kecuali gaya dadagaya punggung, atau gaya kupu-kupu. Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang “gaya bebas” yang lain, gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas, sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas. Juga terdapat gerakan dasar (teknik dasar) pada renang gaya bebas seperti GIF di bawah ini.

Freestyle swimming.gif Freestyle swimming2.gif

3. Gaya Punggung

Gaya berenang ini adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan m enghitung jumlah gerakan.

Berbeda dari sikap start perenang gaya bebasgaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

4. Gaya kupu-kupu (butterfly stroke)

pgaya kupu-kupu yaitu  salah satu dari gaya renang yang diperlombakan dalam Olimpiade dan lomba-lomba resmi yang lain. Karena gerakan kakinya, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba atau dolphin. Dibandingkan gaya renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan, dikombinasi dengan dorongan kaki bersamaan. Ketepatan irama sangat penting dalam akselerasi gerakan ini.

Demikain beberapa gaya berenang yang banyak digunakan. Untuk pemula,dianjurkan memulai belajar dari gaya dada atau katak. Karena lebih ringan dan mudah dalam teknik. Disamping itu dalam berenang teknik penafasan, yang paling mudah salah satunya dalah dengan gaya dada ini. Jadi sebenarnya, kalau gaya berenang yang cocok untuk muslimah yang mana ? semuanya cocok. Asal baju berenang yang digunakan cocok.

Selamat Berenang !!!

Main Menu

Enable Notifications    Ok No thanks